Membuat sinopsis dari Novel Terjemaham

Membuat Sinopsis dari Novel Terjemahan



Judul : OLD SHATTERHAND
Pengarang : KARL MAY
Tebal : 338 halaman
Penerbit : Visi Media







Sinopsis dari buku Old Shatterhand

Seorang pemuda berasal dari Jerman bernama Charlie. Dia ingin bertualang menyebrangi samudera Amerika Serikat. Dia menemukan sebuah keluarga jerman yang memberinya tumpangan sebagai guru pribadi. Charlie berkenalan dengan Mr. Henry. Dia orang yang unik, seorang pembuat senjata yang berdedikasi tinggi layaknya seniman. Dengan bangga dia menyebut dirinya sendiri “Mr.Henry, Sang Pandai Senjata”. Mr.Henry menyebut Charlie dengan sebutan Tanduk Hijau dan kutu buku.
Kemudian, Mr.Henry menguji Charlie untuk menembak sasaran, menaiki kuda liar yang berwarna kastanye yaitu cokelat kemerahan dengan kemilau keemasan. Charlie bisa melewati ujian itu dengan sangat baik. Mr. Henry juga menguji Charlie dalam Ilmu Pengukuran, kegunaan berbagai alat, dan menggambarkan proses pemetaan, lagi-lagi Charlie mampu menyelesaikan ujian dengan hasil yang sangat memuaskan. Mr. Henry  bangga kepada Charlie. Akan tetapi Charlie tidak merasa kalau dia sedang diuji oleh Mr. Henry.
Setelah ujian itu, orang tua di keluarga Mr. Henry dan anak-anaknya bersikap lebih menyayangi Charlie. Tiga minggu kemudian, nyonya rumah mengajak Charlie untuk makan malam bersama. Alasan untuk undangan itu adalah Mr. Henry akan datang dan dua orang lagi sudah di undang. Yaitu penjelajah ternama bernama Sam Hawkens dan Mr. Black seorang yang canggung dan kurang pandai berbasa-basi. Sam Hawkens mempunyai senjata bernama Liddy. Sam Hawkens selalu berkata “kalau aku tidak keliru” setiap akhir kalimatnya.
Sam Hawkens berkata tentang tujuannya mengunjungi Rumah Mr. Henry yaitu dia mengajak Charlie untuk pergi ke Wild West karena Charlie lulus ujian dengan nilai-nilai yang sempurna. Sam Hawkens, Dick Stone, dan Will Parker ikut sebagai pemandu. Mereka akan pergi ke sungai Canada dan terus ke New Mexico. Charlie baru tahu kalau dia akan membuat rel kereta api yang dibuat dari St. Louis hingga pantai Samudra Pasifik dengan melalui wilayah Indian, New Mexico, Arizona, dan California.
Tiga bulan bekerja, tetapi belum menyelesaikan tugasnya. Padahal sebagian besar tim lain sudah selesai dan pulang. Ada dua penyebab yaitu ; penyebab pertama adalah medan jatah mereka sulit. Yang kedua berhubungan dengan anggota kelompok yang sangat malas, Insinyur Kepala mereka adalah Mr. Bancroft yang pekerjaannya adalah meminum sebanyak-banyaknya brendi. Pengukur yang harus membayar jatah alkohol yaitu Riggs, Marcy, Wheeler dan tentunya Charlie dan para pengukur lainnya.
Suatu hari Sam Hawkens mengajak ku berkuda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Storytelling Situ Bagendit

RESENSI NOVEL

PUISI SANG SURYA